Selasa, 19 Oktober 2010

pengertian massa

Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama.

psikologi massa merupakan kelakuan sebuah kelompok, dimana massa dari kelompok tersebut merasa nyaman melakukan sesuatu, karena mereka merasa nyaman dengan adanya fakta bahwa banyak yang lainnya melakukan hal yang sama seperi yang mereka lakukan.

• Dalam situasi kelakukan kelompok manapun, mereka yang memimpin adalah mereka yang memperoleh manfaat / keuntungan, sementara mereka yang hanya mengikuti tanpa arah adalah mereka yang menghadapi semua resiko yang ada.
• Crowd Psychology (Psikologi Kerumunan) adalah cabang dari psikologi sosial. Orang – orang biasanya memperoleh sebuah kekuatan yang bersifat langsung, apabila bertindak secara kolektif.
• Peneliti sosial telah mengembangkan beberapa teori yang berbeda mengenai ”Crowd Psychology” dan berbagai cara dimana psikologi sebuah kerumunan itu berbeda secara signifikan dengan psikologi individu – individu yang tergabung yang tergabung dalam kerumunan tersebut. Beberapa ilmuwan terserbut antara lain adalah Carl Jung, Gustave Le Bon , Wilfred Trotter, Gabriel Tanke, Sigmund Freud, dan Elias Canetti.

The mass ( Massa)
o Massa didefinisikan bukan dari sebuah bentuk interaksi, tetapi dari usaha dari mereka yang menggunakan media massa untuk ditujukan ke pendengar
o Media massa yang pertama adalah media cetak.
o Setelah bertahun – tahun , media massa lain diciptakan , dan rasio dari penciptaan terus bertambah dari waktu ke waktu.
o Dampak dari massa di sebuah komunitas telah menjadi semakin hebat dan terus berkembang, sehingga di masa sekarang ini massa memiliki dampak yang luar biasa.
o Pelajaran mengenai komunikasi massa , seperti polling opini publik, hampir menjadi sebuah bidang akademis.
o Media massa mencoba untuk meyakinkan pelaku untuk memilih dari beberapa set pilihan yang ditawarkan , contohnya seperti merk dari lemari pendingin , komputer, dan pengharum.
o Ketika Publik beraksi dengan memecahkan sebuah isu , massa bertindak ketika anggotanya memilih satu dari pilihan yang ditawarkan.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar