Jumat, 15 Oktober 2010

jenis-jenis kelompok

berdasarkan jumlah anggota, sifat hubungan antar anggota dan tujuannya, kelompok yang ada dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi :

a. kelompok primer
    kelompok primer adalah kelompok yang jumlah anggotanya sedikit, walaupun tidak setiap kelompok yang anggotanya sedikit adalah kelompok primer. hubungan antaranggota bersifat personal (saling kenal secara pribadi) dan mendalam, diwarnai oleh kerja sama, sering bertatap muka dalam waktu lama, sehingga terbangun keterlibatan perasaan yang dalam.
tujuan berkelompok adalah membangun hubungan personal itu sendiri. contoh kelompok primer adalah keluarga dan kelompok teman sepermainan.

b. kelompok sekunder
    kelompok sekunder adalah kelompok yang jumlah anggotanya banyak, bersifat impersonal (tidak saling kenal secara pribadi), lebih diwarnai oleh kompetisi, jarang bertatap muka dalam waktu lama, sehingga tidak terbangun hubungan yang emosional.
tujuan kelompok adalah untuk mencapai tujuan tertentu. hubungan dalam kelompok sekunder bersifat formal, impersonal, parsial dan dilandaskan pada kemanfaatan kelompok semata. contoh kelompok sekunder adalah organisasi buruh, universitas, sekolah dan lain-lain.

sementara itu, berdasarkan cara pandang seseorang terhadap berbagai kelompok yang melingkupi hidupnya, kelompok dibedakan menjadi :

a. in group
    semua kelompok dimana seseorang merasa menjadi anggotanya dan mengharapkan pengakuan, kesetiaan dan pertolongan.

b. out group
    semua kelompok dimana seseorang merasa bukan sebagai anggotanya dan mungkin akan menunjukan permusuhan, kompetensi damai atau sekedar merasa berbeda.

in group dan out group terpisahkan dalam hubungan permusuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar