Selasa, 19 Oktober 2010

sifat-sifat massa

Sifat-sifat massa itu :


-pertama : Impulsif, yang berarti massa itu akan mudah memberikan respons terhadap rangsang atau stimulus yang diterimanya. Karena sifat impulsifnya ini, maka massa itu ingin bertindak sebagai reaksi terhadap stimulus yang diterimanya. 


-Kedua adalah mudah sekali tersinggung, karena massa itu mudah sekali tersinggung, maka untuk membangkitkan daya gerak massa diperlukan stimuli yang dapat menyinggung perasaan massa yang bersangkutan. 


-Ketiga, sugestibel, ini berarti bahwa massa itu dapat mudah menerima sugesti dari luar. 


-Keempat : tidak rasional, yaitu karena massa itu sugestibel maka massa itu dalam bertindak tidak rasional, dan mudah dibawa oleh sentimen-sentimen. 


-Kelima : Adanya social facilitation, yaitu adanya suatu penguatan aktivitas, yang disebabkan karena adanya aktivitas individu yang lain. Perbuatan individu lain dapat merangsang atau menguatkan perbuatan individu lain yang tergabung dalam massa itu.

Menghadapi massa yang demikian, seharusnya diambil langkah-langkah untuk pencegahannya, 


-Pertama : Menghindarkan hal-hal yang sekiranya dapat menimbulkan kekecewaan atau frustasi, karena hal ini dapat merupakan sumber terjadinya massa aktif. Dengan mencegah timbulnya kekecewaan ini hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. 


-Kedua: Menampung pendapat-pendapat (dengar pendapat) yang mungkin ada masalah agar dapat segera diatasi. 


-Ketiga : Sebagai pemimpin yang baik harus dapat memberikan contoh kepada yang dipimpinnya. Sebab pemimpin adalah sebagai tempat identifikasi dari yang dipimpinnya. Bila pemimpin tidak dapat memberikan contoh yang baik, jangan mengharapkan bahwa yang dipimpinnya akan berbuat baik. Dengan contoh yang baik dari pemimpin, ini akan dapat menghindarkan hal-hal yang dapat menimbulkan frustasi. Keempat : Sebagai seorang pemimpin sebaiknya bila memberikan janji-janji, janji-janji itu perlu ditepati. Bila sekiranya tidak dapat ditepati janji-janji tersebut sebaiknya jangan memberikan janji-janji, karena hal ini dapat menimbulkan frustasi.


sumber :
http://hariansib.com/?p=85332

Tidak ada komentar:

Posting Komentar