Selasa, 19 Oktober 2010

definisi massa abstrak dan massa konkrit

seperti yang sudah diketahui massa merupakan suatu kumpulan dari individu-individu atau kumpulan banyak orang baik yang memiliki motif tertentu maupun tujuan yang sama. dan adapula massa itu dibagikan beberapa jenis.
massa abstrak dan massa konkrit.

apa sih maksud kedua massa itu ??

massa abtrak itu merupakan sekumpulan orang yang memiliki perhatian atau minat yang sama. dan dapat bubar tanpa ada nya perintah dan juga tidak memiliki peraturan. contohnya kumpulan orang yang menyaksikan konser musik, mereka disebut massa abstrak. melihat suatu acara yang disuguhkan dan terlihat tertarik maka ia berdiri untuk menyaksikannya dan begitu pula orang lain yang menaruh perhatian yang sama.

sedangkan massa konkrit sendiri pun tak jauh berbeda mereka juga merupakan kumpulan dari beberapa individu, tapi bedanya dari massa abstrak massa konkrit berkumpul dengan memiliki sebuah tujuan dan ada nya sebuah peraturan dan juga ada pemimpin yang menjalankan massa tersebut.

demonstrasi atas suatu masalah yang mengakibatkan orang-orang berkumpul adalah massa abtrak sedangkan para pendemons yang memiliki tujuan dan maksud tertentu yang dikepalai oleh seorang pemimpin demo untuk menyuarakan anspirasi nya disebut massa konkrit.

so, sudah bisa kah kalian membedakannya ? :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar