Jumat, 05 November 2010

perform dalam kelompok

PERFORMANCE
(kerja sama dalam kelompok)
fasilitas sosial (Norman Triplett 1897) memaparkan tentang kehadiran orang lain meningkatkan kinerja seseorang.



1. Coaction Paradigm
beberapa orang melakukan tugas dan ditempat yang sama, tetapi tidak saling
berinteraksi. contohnya saat ujian. walaupun berada ditempat dan melakukan hal sama, tetap saja ada peraturan yang harus disepakati dengan cara tidak berinteraksi dengan peserta lainnya.

2. Audience Paradigm (passive spectators)
kehadiran orang lain justru menghambat kinerja. jika kita sedang fokus pada suatu hal, misalnya saja saat kita belajar ada yang membuat kisruh atau berisik, maka saat itu konsentrasi kita akan pecah dan itu membuat kinerja kita terhambat.

Penelitian Robert Zajonc:
*Respon dominan
fasilitasi sosial yang ada meningkatkan kinerja seseorang, maka respon dominan itu sesuai

*Respon nondominan
fasilitasi sosial yang ada menurunkan kinerja seseorang, maka respon dominan itu tidak sesuai

Penyebab fasilitasi sosial:
1. adanya dorongan
2. kekhawatiran akan penilaian (evaluasi) orang lain
3. distraksi (perhatian yang terpecah)

Performance Dalam Kelompok yang Berinteraksi

Tipologi tugas dari Steiner didasarkan pada kombinasi antara:
- jenis-jenis tugas yang dapat dibagi
- jenis-jenis hasil yang diinginkan
- prosedur-prosedur individu dalam memberi masukan




Tipologi tugas menurut Steiner
1. Divisible : subtugas dapat dibagi-bagi kepada beberapa anggota
2. Unitary >< divisible : satu tugas hanya dikerjakan satu orang saja
3. Maximazing : yang diutamakan adalah produk atau kuantitas maksimal
4. Optimazing : yang terutama adalah kinerja atau kualitas optimum
5. Additive : adanya penambahan input individual untuk menghasilkan produk
kelompok
6.Compensatory : rata-rata penilaian individu untuk menghasilkan produk
kelompok
7. Disjunctive : kelompok harus mempunyai satu jawaban spesifik terhadap tipe
masalah ya atau tidak
8. Conjuctive : semua anggota harus melakukan tindakan yang spesifik sebelum
tugas selesai dengan sempurna
9. Discretionary : jika anggota bebas memilih, metode mana yang disukainya
dengan mengkombinasikan input individualnya

Memprediksi Performance Kelompok
Klasifikasi tugas penting karena:
tipe tipe tugas yang berbeda memerlukan sumber daya yang berbeda jika anggota kelompok mempunyai sumberdaya tersebut maka akan sukses.