Sabtu, 02 Oktober 2010

pentingnya sebuah kelompok

ibarat sapu lidi yang akan cepat patah jika hanya sendiri. berbeda jika lidi yang dikumpulkan menjadi satu, yang akan menjadi kuat meski digunakan untuk apapun. begitu pula dengan manusia.
sesombong apapun, sepenyendiri gimanapun ia tak akan bisa hidup hanya dengan seorang diri. 

disini kelompokpun bukan membuat kita ketergantungan dengan orang lain, melainkan membuat kita belajar bagaimana menyatukan visi misi bersama, belajar bersabar diterima atau ditolaknya pendapat kita juga bagaimana kita dapat selalu menjalin hubungan baik dengan sesama kelompok. pentingnya sebuah kelompok membantu kita menjalani kehidupan, dan mampu mengarahkan kita jika kita keluar jalur atau tidak melakukan hal yang benar. itu berarti kelompok yang baik adalah kelompok yang mampu menerima, membantu, mengarahkan kita untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. jika kita berada dikelompok yang salah maka kita pun akan selalu terbawa kearah yang salah, dan tujuan pencapaianpun akan tertunda. maka dari itu kita harus benar-benar melihat dan cermat dimanakah kita berada, apakah kelompok yang dapat mengarahkan kita kesebuah tujuan atau pun kelompok yang membuat kita menunda pencapaian tujuan.

orang yang hebat merupakan orang yang mampu berada ditengah-tengah kelompok dengan menjadikannya sebuah panutan.dan dapat membina hubungan baik dengan siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar