· Ciri Kelompok Efektif
Ø Mengambil inisiatif, antara lain mengajukan pendapat baru merumuskan dan memberi pengertian baru terhadap masalah sehingga menjadi jelas.
Ø Mencari, informasi antara lain menerima penjelasan terhadap apa yang diajukan, meminta tambahan informasi atau fakta/data.
Ø Mengumpulkan pendapat, menerima ekspresi perasaan anggota, usul atau ide para anggota tim terhadap suatu permasalahan.
Ø Memberi informasi, menyajikan fakta dan memberikan kesimpulan dengan berdasar pengalaman.
Ø Mencari pendapat, antara lain menanyakan pendapat atau keyakinan anggota tentang saran, terutama yang terkait dengan nilai-nilai.
Ø Mengolah informasi, yaitu menjelaskan, menafsirkan dan menggambarkan akibat yang terjadi apabila saran dilaksanakan.
Ø Mengkoordinasikan antara lain menyatukan berbagai pendapat atau saran, mengintegrasikan aktivitas anggota-anggota atau sub-sub kelompok.
Ø Menyimpulkan, antara lain menyimpulkan pendapat atau saran yang saling berhubungan, dan mengulang saran tersebut setelah tim selesai mendistribusikan.
Ø Perilaku yang berorientasi pada pemeliharaan tim.
Ø Mendorong pemeliharaan hubungan, seperti mudah berteman, ramah, cepat tanggap, menghargai, menyetujui dan menerima pendapat orang lain.
Ø Mendorong keterlibatan anggota denganberusaha agar semua terlibat dalam pembicaraan.
Ø Membuat norma kerja, yaitu adanya kesepakatan norma kerja tim untuk kelancaran dan ketertiban pertemuan/diskusi, menilai dan mengambil keputusan serta untuk memperingatkan tim bila norma tersebut dilanggar.
Ø Mengikuti kesepakatan.
Ø Mengekspresikan pendapat tim, berusaha menyimpulkan perasaan tim terhadap suatu keputusan.
· Ciri-ciri Kelompok yang kurang efektif
Ø Menentang, mengkritik, menyalahkan orang lain, menentang kelompok atau perorangan dan merendahkan orang lain.
Ø Menghalangi, kemajuan tim.
Ø Mendominasi, dan memborong pembicaraan dalam tim, seolah-olah ingin mendapat pujian.
Ø Menyaingi, dengan berusaha mencari muka di depan pimpinan.
Ø Mencari simpati dengan mempengaruhi anggota lain atas kegagalan tim, menciptakan kondisi yang tidak mendukung tim.
Ø Mendukung pendapat tertentu yang berkaitan dengan kepentingannya.
Ø Mengganggu proses, menginterupsi pekerjaan tim dengan pemikiran yang tidak relevan.
Ø Mencari nama, yaitu mencoba menarik perhatian anggota tim dengan perilaku yang aneh-aneh
Ø Berbuat acuh, tidak peduli terhadap situasi tim.
referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar